Selasa, 26 Agustus 2008

Ternyata Wiji Thukul juga Golput

Hari Ini Aku Akan Bersiul

Wiji Thukul

pada hari coblosan nanti

aku akan masuk ke dapur

akan kujumlah gelas dan sendokku

apakah jumlahnya bertambah

setelah pemilu bubar?

pemilu o pilu pilu

bila hari coblosan tiba nanti

aku tak akan pergi ke mana-mana

aku ingin di rumah saja

mengisi jambangan

atau menanak nasi

pemilu o pilu pilu

nanti akan kuceritakan kepadamu

apakah jadi penuh karung beras

minyak tanah

gula

atau bumbu masak

setelah suaramu dihitung

dan pesta demokrasi dinyatakan selesai

nanti akan kuceritakan kepadamu

pemilu o pilu pilu

bila tiba harinya

hari coblosan

aku tak ikut berbondong-bondong

ke tempat pemungutan suara

aku tidak akan dating

aku tidak akan menyerahkan suaraku

aku tidak akan ikutan masuk

ke dalam kotak suara itu

pemilu o pilu pilu

aku akan bersiul-siul

memproklamasikan kemerdekaanku

aku akan mandi

dan bernyanyi sekeras-kerasnya

pemilu o pilu pilu

hari itu aku akan mengibarkan hakku

tinggi-tinggi

akan kurayakan dengan nasi hangat

sambel bawang dan ikan asin

pemilu

o pilu pilu

sambel bawang dan ikan asin

10 november 96

Tidak ada komentar: